Dampak Positif Main Game Online



Dampak Positif Main Game Online – Emang ada dampak positif dari main game? Kebanyakan orang, terutama ortu menjudge bahwa main game itu berpengaruh buruk. Katanya ngegame itu tidak baik. Efek negatif kecanduan game online maupun offline itu bisa bikin anak malas belajar, jadi sering lupa waktu, susah bersosialisasi dengan lingkungan, ngabisin duit buat rental atau beli kuota internet. Belum lagi game online. Kalo mau cepet naik level en menangan musti beli gems, diamond, token atau apalah istilahnya di google play yang nilainya bisa ratusan ribu bahkan jutaan rupiah.

game online tak selalu berdampak buruk

Benarkah bermain game online itu efeknya selalu negatif dan tak ada dampak positifnya sama sekali?

Menurut eyang, secara umum permainan game online memang kurang baik. Tapi bukan berarti tak ada sisi positif yang bisa diambil dari permainan digital ini. Nah berikut ini adalah beberapa nilai kebaikan dari game online:

A.      Memacu Perkembangan Psikologis

Bermain adalah dunianya anak-anak maupun remaja. Sebagai salah satu jenis permainan yang lagi ngetrend, bermain game online membuat remaja ngerasa memiliki dunianya. Ingat, masa remaja adalah saat dimana anak udah ngerasa gede. Jika dilarang, perkembangan psikologisnya jadi kurang baik. Mereka akan jadi sosok yang minder karena tak bisa melakukan sesuatu yang dimainkan oleh sebagian besar teman seusianya di android.

Yang perlu dilakukan orang tua adalah mengawasi game apa yang dimainkan oleh anaknya. Kasih pengertian agar memainkan game yang sesuai. Jangan sampai anak terjebak dalam permainan game online yang kontennya sarat adegan kekerasan, p*rn*, judi, dsb

B.      Melatih Kemandirian

Dalam game, pemain diwajibkan untuk menyelesaikan misi step by step. Player bisa lanjut ke level atau stage berikutnya setelah berhasil menyelesaikan misi pada level sebelumnya. Maikin tinggi level yang dicapai, tingkat kesulitannya juga makin berat. Pemain akan merasa puas jika berhasil melewati semua level dan menamatkan gamenya sendiri tanpa bantuan orang lain.

Di sinilah dampak positifnya. Anak jadi terlatih mandiri dalam menyelesaikan masalahnya. Jika sudah terbiasa menuntaskan problem di dalam game, maka di dunia nyata diharapkan si anak juga mampu menyelesaikan persoalannya sendiri.

C.      Bisa Belajar Bahasa Inggris

ngechat di game dapat meningkatkan kemampuan berbahasa inggris

Apa hubungannya game dengan belajar bahasa Inggris?
Karena sebagian besar game dibuat dalam bahasa Inggris. Perintah maupun tutorialnya menggunakan bahasa Inggris. Untuk mengerti misi apa yang harus dijalankan atau bagaimana cara melewati tugas tersebut, pemain harus menterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Secara tidak langsung, kemampuan berbahasa Inggrisnya juga makin baik

Apalagi saat ini game interaktif melibatkan player dari seluruh dunia. Mereka saling berinteraksi lewat kolom chat yang ada dalam game memakai bahasa Inggris. Kalo terbiasa ngeliat obrolan orang bule, lama-lama juga jadi jago Inggris. Meski kebanyakan ngomong Inggrisnya pake istilah Inggris gaul (kadang ngawur) yang grammarnya tidak benar, paling nggak nambah kosa kata kita kan?

D.      Melatih Berorganisasi

Kebanyakan game online yang lagi ngetrend saat ini adalah game team strategy. Dimana player harus bermain sebagai satu tim dengan player lain dan membentuk sebuah kelompok. Kalo dalam game COC di sebut clan. Di Magic Rush namanya alliance. Di Castle Clash dinamakan guild. Di game lain mungkin beda istilah, tapi intinya tetep sama. Dalam satu tim dipimpin oleh seorang leader. Jabatan dibawah leader adalah elder sebagai wakilnya. Pangkat paling rendah adalah member. Pokoknya mirip struktur organisasi beneran

Dalam game sejenis ini, selain harus menyelesaikan misi pribadi untuk memperkuat kastil sendiri, player juga harus bertempur dengan tim lain. Jika ingin menang menghadapi tim lain, maka anggotanya harus kompak. Saling bantu saat kastil kawan diserang dengan mengirim pasukan bantuan. Nyerang bareng jika menghadapi lawan kuat & banyak lagi

Leader dan elder biasanya yang mengatur strategi dan menginstruksikan tugas pada para member waktu war. Di sinilah diperlukan kemampuan berorganisasi yang baik agar mampu mengalahkan lawan. Kadang clan kuatpun bisa dikalahkan clan lemah tergantung kejeniusan mengatur strategi

So, game seperti ini sangat positif efeknya bagi calon pemimpin untuk melatih berorganisasi. Siapa tahu, pengalaman memanage clan dalam game bisa diterapkan dalam organisasi di sekolah, perusahaan bahkan politik!!

E.       Melatih Kesabaran

Yap. Bermain game online itu berdampak positif melatih kesabaran. Karena waktu untuk mencapai tingkat yang diinginkan itu prosesnya lama. Tak bisa baru mulai main level 1 langsung ngejump ke level 10. Apalagi kalo gratisan, bakal lama tuh naiknya. Kalo masih rendah levelnya sih tak terlalu lama buat naik ke level berikutnya. Hanya butuh waktu beberapa jam saja. Tapi makin tinggi, waktu yang dibutuhkan makin lama. Bisa berhari-hari bahkan berminggu-minggu.

Yang nggak sabaran dan punya duit sih gampang, beli credit (gems, diamons, gold, token) untuk mempersingkat waktu. Ada juga yang curang pake ngecheat cara hacker. Tapi cara curang seperti ini sangat tidak dianjurkan. Yang lebih parah tuh sampai dibelain beli akun orang lain!


F.       Mengurangi Stress

Salah satu dampak positif main game online itu ialah mengurangi stress. Karena rutinitas sekolah atau kerja, badan jadi capek & pikiran jadi suntuk yang bisa bikin orang bisa stress. Salah satu cara menetralisirnya adalah dengan main game. Bagi yang hobi tentu saja.

Dengan main game, perhatian pada hal yang membuat stress tadi akan berkurang karena untuk sementara waktu fokusnya beralih pada game yang dimainkan. Tapi kalo lagi tak enak hati, sebaiknya mainkan game yang ringan aja kayak Anggry Bird, Mario Bross dan sejenis. Kalo main game yang berat, takutnya malah makin tambah stress

G.     Menghasilkan Uang

Salah satu contoh cara dapat duit dari main game adalah terkait poin E di atas: jual akun ke orang lain. Emang ada yang mau beli? Banyak. Apalagi game populer seperti Clash Of Clans (COC). Jika kamu punya akun COC yang Town Hall (TH)nya udah level tinggi en mulai bosen, tawarin aja di forum game yang banyak terdapat di internet. Harganya tergantung level dan proses nego.

Ada juga beberapa game yang membayar playernya dengan uang beneran. Biasanya dalam bentuk dollar dan dikirim via paypal. Game game gratis yang menghasilkan uang diantaranya adalah: Moola, Dungeons-Treasure, Ninja Unyu, Street Racing War, Photo Mysteri dan yang paling populer saat ini adalah game Predic To Win.

Jangan khawatir, game yang barusan eyang sebut tadi tidak ada unsur perjudiannya karena gratis dan bukan taruhan. Untuk info gimana cara main game dapet tambahan uang jajan, mungkin lain waktu akan eyang kupas

H.     Menambah Wawasan

Manfaat atau sisi positif dari main game yang terakhir adalah bisa nambah wawasan.
Saat ini sebagian publisher menyajikan gamenya secara detil. Bentuk visual maupun fungsi serta informasi obyek dalam game mereka bikin seakurat mungkin, hampir mendekati aslinya.

Jadi game online bisa menambah wawasan kita. Misalnya kalo kita main game pesawat, tentu pengetahuan kita tentang pesawat akan bertambah. Kalo main game beternak, ilmu peternakan kita juga makin oke. Tinggal pilih aja game mana yang cocok nyesuaikan minat dan bakat kamu aja.

Itu tadi beberapa dampak positif dari game online versi eyang gaul. Tapi... ada tapinya nih, sebaiknya bermainlah sewajarnya aja. Jadikan game sebatas pengisi waktu luang. Jangan sampai ketagihan hingga lupa waktu, lupa bahwa tugas utama seorang anak sekolah itu belajar, bukan ngegame. Mungkin ada yang mau nambahin apa aja sisi positif serta manfaat dari mein game? Okelah, untuk dampak negatif permainan video game, tunggu postingan eyang selanjutnya ya. Makasih...

1 komentar:

avatar

Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www , SmsQQ , com

Keunggulan dari smsqq adalah
*Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
*Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
*Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
*Bonus Setiap Hari Dibagikan
*Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
*Bonus referral 10% + 10%
*Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
*Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com

Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www , SmsQQ , com

Keunggulan dari smsqq adalah
*Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
*Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
*Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
*Bonus Setiap Hari Dibagikan
*Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
*Bonus referral 10% + 10%
*Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
*Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com


bosku minat daftar langsung aja bosku^^

Cucu boleh tanya atau komen apa aja asal sopan & gak spam. Kalo encok eyang tak lagi kambuh, eyang akan balas

Click to comment
 

Advertiser