Lebih Penting Mana Pacar Atau Sahabat?



Lebih Penting Mana Pacar Atau Sahabat? – Kata kata pilih teman apa pacar itu ibarat makan buah simalakama. Jika kamu harus memilih, kira-kira mana yang paling penting antara kekasih atau teman? Sebuah pilihan yang dilematis & sulit. Jika lebih mendahulukan kepentingan sahabat, pacar ngambek karena ngerasa dinomorduakan. Kalo ngebelain pacar, sahabat kita pada menjauh tak mau temenan lagi. Bingung kan?

bingung antara memilih sahabat apa kekasih

Sama. Eyang juga bingung waktu salah satu ponakan cewek yang usianya 19 taun curhat soal itu. Dia lagi galau karena besok sobat karibnya ulang tahun. Saat bersamaan, cowoknya minta ditemani latihan futsal.

“Gimana nih Oom... datang ke acara ulang tahun kawan, atau nemenin pacar main futsal?” gitu tanyanya dengan mimik wajah melas.

Sebagai Oom yang ngaku sok gaul, eyang tentu harus bisa kasih solusi. Apa petuah eyang? Mmm... kasih tahu gak ya? Kasih tahu aja deh daripada ntar minta tempe...

“Ajaklah pujaan hati kamu ke perayaan ultah sahabatmu,” jelas eyang.

“Dia tak mau. Takut dibilang PCTP: Persatuan Cowok Takut Pacar.”

“Kalo gitu suruh temanmu mindahin acara ultahnya di lapangan tempat cowokmu main futsal,”

“Hadeh... Serius nih Oom. Jangan becanda gitu dong...” rajuknya sambil merengut. Eyang ketawa sebelum melempar petuah sok bijak ini:

“Datang ke acara ultah temanmu! Ulang tahun sobatmu hanya setahun sekali, itupun belum tentu dirayain tiap tahun. Penting untuk hadir sebagai wujud kepedulian sebagai sahabat. Sedang cowokmu main futsal bisa kapan saja. Kamu toh bisa menemaninya lain waktu. Kamu bisa jelasin itu ke pacarmu. Kalo dia emang cowok yang baik, tidak egois... pasti mau mengerti.”

Keesokan harinya keponakan eyang nelpon. Dia bilang kalo masalahnya udah clear. Cowoknya mau ngerti dan tak ada masalah. Syukurlah. Andai saja pacarnya tetep tak mau ngerti dan mereka ribut, apalagi sampai putus... Eyang tentu ngerasa bersalah banget.

Eyang kasih nasehat kayak gitu bukan berarti menganggap sahabat itu lebih penting daripada kekasih. Keduanya sama penting. Situasi dan kondisilah yang mengharuskan kita harus berpikir bijak: mana yang harus diduluin, kepentingan A atau B?

Mungkin jika saat itu pacar keponakan eyang lagi bertanding mewakili sekolah atau negara dalam satu kejuaraan, eyang tentu akan menyarankan untuk memilih memberi support sang pacar. Karena kehadiran orang terkasih sangat penting bagi cowok sebagai penambah semangat.

Trus, soal teman gimana? Ini bukan teman biasa loh, sobat kental bahkan sudah dianggap sebagai sodara.

Mintalah maaf dan ucapin selamat ulang tahun lewat telpon. Jelaskan dengan jujur alasan kenapa tak bisa hadir dalam hari istimewanya. Jika memang dia sahabat sejati, tentu akan mengerti.

Intinya, jika kita dihadapkan pada suatu pilihan – dalam hal apapun, pertimbangkan dulu mana yang terpenting berdasar tingkat ke-urgent-annya. Memang, apapun pilihannya pasti ada konsekwensi yang harus ditanggung. Tapi jika kita sudah merasa yakin benar dengan keputusan yang diambil, percayalah semuanya akan terasa manis pada akhirnya. Uhuy.....!!!

Itu pendapat eyang tentang siapa yang lebih penting, teman atau pacar. Kamu mungkin punya pendapat lain. Dan itu sah sah aja karena masing-masing individu punya sudut pandang berbeda dalam menyikapi suatu masalah.


Biar lebih berimbang, eyang akan kasih pendapat dari sang maestro soal kata-kata bijak: Mario Teguh tentang hal ini. Kamu bisa baca statement beliau di gambar screenshot di bawah ini. 

sahabat sejati dan kekasih itu sama pentingnya

Berikutnya eyang ambil beberapa contoh cuplikan komentar dari para facebookers yang ada dalam postingan Mario Teguh tersebut. Mereka memberi pendapat yang berbeda soal mana lebih penting: pilih sahabat atau pacar?

1.       “Kekasih itu lebih penting buat masa depan kita nantinya bersama", tentunya bersama keluarga, tapi teman itu tetap kita butuhkan karena kita pada intinya makhluk sosial....

2.       “Kekasih bisa jadi teman juga bisa jadi sahabat .teman belum tentu jadi kekasih..”

3.       “Teman karena teman akan selalu ada kalo kekasih belum tentu seperti teman dua-dua nya sama penting”

4.       “Sebenarnya keduanya sama2 pentingnya,karena keduanya itu punya dua kesamaan jg punya perbedaan,samanya itu sama2 mahkluk sosial,sama2 suka nelikung dr belakang,bedanya,klu teman diajk ngobrol apapun bisa bebas,enjoy.klau kekasih kadang salah paham kita ngomong apa kekasih jwbnya apa kadng2 sampai mslh kecil jadi besar

5.       “Bagi ku TEMAN terasa lebih IKHLAS dalam menjalani kebersamaannya , kalau kekasih rasanya LEBIH TERIKAT

6.       “Kalau saya Sih.. lbj milih diri sndri..dari pda tmn dan kekasih..kekasih blm tentu dia jodoh kita, tmn juga blm tentu dia baik sma kita, kdg tmn itu mreka akn tikam kita dri Blakang, lbh baik pntingkn dri sndri biar bisa mapam tuk yg k dpnnya..


Untuk lebih jelasnya, kamu bisa baca ratusan komen dan jawaban Mario dengan mengeklik link ini: https://www.facebook.com/marioteguh/videos/10154283247764881/

Semoga tulisan sederhana eyang ini bermanfaat dan bisa membantu cucu semua para remaja yang lagi bingung antara memilih lebih penting teman atau pacar yang harus diprioritaskan lebih dahulu. Apapun yang kamu pilih, mudah mudahan itu hal yang terbaik. Eyang bukan pakar dalam hal ini. Artikel ini hanya pendapat pribadi, bukan kajian ilmiah dengan riset yang ribet. Jadi maafkan kalo tidak berkenan di hati. Tolong share ya kalo ngerasa ini berguna bagi sahabat, kekasih, adek, kakak, tetangga dll. Terima kasih... Oya, baca juga yang satu ini ya: apa itu cinta?

1 komentar:

avatar

Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www , SmsQQ , com

Keunggulan dari smsqq adalah
*Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
*Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
*Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
*Bonus Setiap Hari Dibagikan
*Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
*Bonus referral 10% + 10%
*Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
*Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com

Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www , SmsQQ , com

Keunggulan dari smsqq adalah
*Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
*Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
*Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
*Bonus Setiap Hari Dibagikan
*Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
*Bonus referral 10% + 10%
*Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
*Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com


bosku minat daftar langsung aja bosku^^

Cucu boleh tanya atau komen apa aja asal sopan & gak spam. Kalo encok eyang tak lagi kambuh, eyang akan balas

Click to comment
 

Advertiser